Desain Grafis ? Introduction

Akhir-akhir ini kita sering sekali mendengar istilah desain grafis. Baik dari media sosial ataupun dari youtube yang banyak sekali membagikan tutorial seputar proses pebuatan desain itu sendiri. Banyak juga yang membagikan pengalaman pribari mereka seputar desain grafis. Terutama pengalaman mereka mendapatkan penghasilan berupa rupiah atau bahkan dolar dari desain grafis itu sendiri. Tak sedikit pula orang-orang yang menjadikan desain grafis itu sebagai pekerjaan utama, bahkan bertitle profesional dalam hal desain grafis. Dan mereka sering disebut sebagai Desainer Grafis atau seringnya hanya Desainer saja.

Pasti dari sinilah kemudian banyak orang yang mulai tertarik untuk menggeluti dunia desain grafis ini. Berpenghasilan dolar, siapa sih yang nggak mau ??? #anejugamaugan hahaha….

Tapi untuk pemula sebaiknya kita mengenal dulu Apa sih sebenarnya Desain Grafis itu ? agar ketika kita mau benar-benar nyemplung ke dunia lain ini bisa maksimal dan dolarpun ada ditangan. Untuk mempermudah kita memahami apa itu desain grafis, kita cari dulu apa itu desain, apa itu grafis, setelah itu baru kita cari tahu apa itu desain grafis. So, cekidot….  jangan lupa seduh kopi gan 😀

 

Pengertian Desain

Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam sebuah kalimat, kata “desain” bisa digunakan baik sebagai kata benda maupun kata kerja. Sebagai kata kerja, “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru”. Sebagai kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.

 

Pengertian Grafis/Grafika

Grafika (dari bahasa Inggris “Graphic”) adalah presentasi visual pada sebuah permukaan seperti dinding, kanvas, layar komputer, kertas, atau batu bertujuan untuk memberi tanda, informasi, ilustrasi, atau untuk hiburan.

Contohnya adalah: foto, gambar, Line Art, grafik, diagram, tipografi, angka, simbol, desain geometris, peta, gambar teknik, dan lain-lain. Seringkali dalam bentuk kombinasi teks, ilustrasi, dan warna.

 

Pengertian Desain Grafis

Desain grafis atau rancang grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual.

Henry Cole menjadi salah seorang yang paling berpengaruh dalam pendidikan desain di Inggris, ia meyakinkan pemerintah tentang pentingnya desain dalam sebuah jurnal yang berjudul Journal of Design and Manufactures. Dia menyelenggarakan The Great Exhibition sebagai perayaan atas munculnya teknologi industri modern dan desain bergaya Victoria.

Dari tahun 1891 sampai 1896, Percetakan William Morris Kelmscott mempublikasikan buku karya desain grafis yang dibuat oleh gerakan Arts and Crafts , dan membuat buku dengan desain yang lebih bagus dan elegan untuk dijual kepada orang-orang kaya. Morris membuktikan adanya potensi pasar untuk produk-produk desain grafis. Morris juga mempelopori pemisahan desain grafis dari seni rupa. Karya –karya Morris dan karya dari pergerakan Private Press secara langsung mempengaruhi Art Nouveau, dan secara tidak langsung mempengaruhi perkembangan desain grafis pada awal abad ke 20.

Kata Desain Grafis pertama kali digunakan pada tahun 1922 di sebuah esai berjudul New Kind of Printing Calls for New Design yang ditulis oleh William Addison Dwiggins, seorang desainer buku Amerika.

Raffe’s Graphic Design, yang diterbitkan pada tahun 1927, dianggap sebagai buku pertama yang menggunakan istilah Desain Grafis pada judulnya

The signage in the London Underground adalah contoh desain klasik pada abad modern yang menggunakan jenis huruf yang dirancang oleh Edward Johnston pada tahun 1916.

Pada tahun 1920, Aliran konstuktivisme di Uni Soviet melihat seni yang berorientasi individu tidak ada gunanya bagi Rusia dan membuat sesuatu yang dapat diterapkan di dunia nyata. Mereka mendesain bangunan, perangkat teater, poster, kain, pakaian, perabot, logo, menu, dll.

(sumber wikipedia.id)

 

Kesimpulan

Jadi pengertian Desain grafis atau rancang grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual (tulisan, bentuk, dan gambar) untuk menyampaikan tujuan/maksud/pesan tertentu kepada orang lain.

Desain Grafis ? Introduction
Tagged on:                     

2 thoughts on “Desain Grafis ? Introduction

  • August 30, 2017 at 3:20 pm
    Permalink

    Wah… keren nih kak rujukannya, apalagi kalimat terkhirnya “…buku pertama yang menggunakan istilah Desain Grafis pada judulnya” makasih ya ka sudah share knowledge nya, kita-kita jadi tau asal muasal desain grafis 🙂

    Reply
    • September 21, 2017 at 7:02 am
      Permalink

      sama-sama bang, terimakasih sudah mampir

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!
%d bloggers like this: